VIPOT TABLE
TABLE, PIVOT
Disusun untuk Memenuhi Tugas Makalah
Mata Kuliah Aplikasi Komputer
Dosen Pengampu : AGUS SUSANTI,
M.Pd.I
Disusun Oleh Kelompok 1
Jurusan/kelas/semester:PAI/J/2
JURUSAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
TAHUN
2017
PivotTable
Buat PivotTable untuk
menganalisis data lembar kerja
Kemampuan
untuk menganalisis data dengan cepat bisa membantu Anda membuat keputusan
bisnis yang lebih baik. Namun terkadang sulit untuk mengetahui tempat untuk
memulai, terutama saat Anda memiliki banyak data. PivotTable adalah cara
terbaik untuk meringkas, menganalisis, menjelajahi, dan sajikan data Anda, dan
Anda bisa membuatnya dengan beberapa klik. PivotTable sangat fleksibel dan
dapat disesuaikan dengan cepat bergantung pada bagaimana Anda perlu menampilkan
hasil Anda. Anda juga bisa membuat PivotChart berdasarkan PivotTable yang akan
secara otomatis diperbarui saat melakukan PivotTable Anda.
Misalnya,
berikut ini adalah daftar sederhana dari pengeluaran rumah tangga, dan
PivotTable berdasarkan daftar ini:
Sebelum Anda memulai
·
Data Anda harus ditata
dalam tabular format, dan tidak memiliki setiap baris atau kolom kosong.
Idealnya, Anda bisa menggunakan tabel Excel seperti dalam contoh di atas.
·
Tabel adalah sumber
data PivotTable, karena baris ditambahkan ke tabel secara otomatis disertakan
dalam PivotTable ketika Anda me-refresh data, dan kolom baru yang akan
disertakan dalam daftar Bidang PivotTable . Jika tidak, Anda perlu memperbarui
secara manual rentang sumber datasalah satu, atau menggunakan rumus dinamis
rentang bernama.
·
Tipe data dalam kolom
harus sama. Misalnya, Anda tidak boleh mencampur tanggal dan teks di kolom yang
sama.
·
PivotTable berfungsi
pada jepretan layar data, yang disebut dengan cache, sehingga data aktual Anda
tidak diubah dengan cara apa pun.
Membuat Pivot Table
Jika
memiliki pengalaman terbatas dengan PivotTable, atau tidak yakin bagaimana
memulainya, PivotTable yang Direkomendasikan adalah pilihan yang baik. Saat
menggunakan fitur ini, Excel menentukan tata letak yang berguna dengan
mencocokkan data dengan area yang paling cocok dalam PivotTable. Hal ini
membantu memberi Anda titik awal untuk eksperimen tambahan. Setelah PivotTable
yang direkomendasikan dibuat, Anda dapat menjelajahi orientasi berbeda dan
menyusun ulang bidang untuk mendapatkan hasil tertentu. Fitur PivotTable yang
Direkomendasikan ditambahkan di Excel 2013, jadi jika Anda memiliki versi
terdahulu, ikuti instruksi di bawah ini untuk cara membuat PivotTable secara
manual sebagai gantinya.
PivotTable yang
Direkomendasikan
|
Membuat PivotTable
secara manual
|
1.Klik sel dalam
sumber data atau rentang table
|
1.Klik
sel dalam sumber data atau rentang tabel
|
2.Masuk
ke Sisipkan > Tabel > PivotTable yang Direkomendasikan
rumah tangga.
|
Masuk
ke Sisipkan > Tabel > PivotTable
2.Jika
Anda menggunakan Excel untuk Mac 2011 dan yang lebih lama, adalah tombol
PivotTable pada tab Data di grup analisis
3.Excel
akan menampilkan dialog Buat PivotTable dengan nama rentang Anda atau tabel
yang dipilih. Dalam hal ini, kami menggunakan tabel yang disebut
"tbl_HouseholdExpenses"
|
3.Excel
menganalisis data Anda dan memberikan beberapa opsi, seperti dalam contoh ini
yang menggunakan data pengeluaran rumah tangga
|
|
4.Pilih
PivotTable yang terlihat paling sesuai untuk Anda lalu tekan OK. Excel akan
membuat PivotTable di lembar baru, dan menampilkan Daftar Bidang PivotTable
|
4.Dalam
bagian Pilih tempat yang ingin Anda gunakan untuk meletakkan laporan
PivotTable, pilih Lembar Kerja Baru, atau Lembar Kerja yang Sudah Ada. Untuk
Lembar Kerja yang Sudah Ada, Anda harus memilih baik lembar kerja maupun sel
yang ingin digunakan untuk meletakkan PivotTable
|
5.Jika
ingin menyertakan beberapa tabel atau sumber data di PivotTable Anda, klik
kotak centang Tambahkan data ini ke Model Data
6.Klik
OK, lalu Exel akan membuat Pivot Table kosong dan menampilkan daftar Bidang Pivot Table
|
Bekerja dengan daftar
Bidang PivotTable
Di
area Nama bidang di bagian atas, pilih kotak centang untuk setiap bidang yang
ingin Anda tambahkan ke PivotTable Anda. Secara default, bidang nonnumerik
ditambahkan ke area baris , bidang tanggal dan waktu ditambahkan ke area kolom
dan bidang numerik ditambahkan ke area nilai . Anda bisa juga secara manual
seret dan letakkan tersedia item ke dalam setiap bidang PivotTable, atau jika
Anda tidak lagi ingin sebuah item dalam PivotTable Anda, cukup seret keluar
dari daftar bidang atau Hapus centang tersebut. Kemampuan untuk menyusun ulang
bidang item adalah salah satu dari fitur PivotTable yang membuatnya sangat
mudah untuk dengan cepat mengubah tampilannya.
Daftar
Bidang PivotTable Bidang
terkait di PivotTable
Nilai PivotTable
·
Meringkas
Nilai Berdasarkan
Secara default, bidang PivotTable yang diletakkan di
area Nilai akan ditampilkan sebagai JUMLAH. Jika Excel menerjemahkan data Anda
sebagai teks, data tersebut akan ditampilkan sebagai HITUNGAN. Inilah sebabnya
sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tidak mencampur tipe data untuk
nilai bidang. Anda dapat mengubah perhitungan default dengan terlebih dahulu
mengklik panah di sebelah kanan nama bidang, lalu memilih opsi Pengaturan
Bidang Nilai.
·
Berikutnya, ubah
perhitungan dalam bagian Rangkum Nilai Berdasarkan. Perhatikan bahwa saat Anda
mengubah metode penghitungan, Excel akan secara otomatis menambahkannya di
bagian Nama Kustom, seperti "Sum of FieldName", tetapi Anda dapat
mengubahnya. Jika mengklik tombol Format Angka, Anda dapat mengubah format
angka untuk seluruh bidang.
TIPS: Karena mengubah
perhitungan dalam bagian Rangkum Nilai Berdasarkan akan mengubah nama bidang
PivotTable, lebih baik untuk tidak mengganti nama bidang PivotTable sampai Anda
selesai menyiapkan PivotTable. Salah satu triknya adalah menggunakan Temukan
& Ganti (Ctrl + H) >Temukan apa > "Jumlah dari", lalu Ganti
dengan > biarkan kosong untuk mengganti semuanya sekaligus, dan bukan
mengetik ulang secara manual.
·
Perlihatkan
Nilai Sebagai
Alih-alih menggunakan penghitungan untuk meringkas
data, Anda juga bisa menampilkannya sebagai persentase dari bidang. Dalam
contoh berikut ini, kami diubah untuk menampilkan sebagai % dari Total
keseluruhan dan bukan jumlah nilai jumlah pengeluaran rumah tangga.
Setelah
membuka dialog Pengaturan Bidang Nilai, Anda dapat membuat pilihan dari tab
Perlihatkan Nilai Sebagai.
·
Tampilkan
nilai sebagai perhitungan dan persentase.
Cukup seret item ke dalam bagian Nilai dua kali,
lalu atur masing-masing opsi Rangkum Nilai Berdasarkan dan Perlihatkan Nilai
Sebagai.
Merefresh PivotTable
Jika
Anda menambahkan data baru ke sumber data PivotTable Anda, PivotTable yang
dibangun di sumber data tersebut harus refresh. Untuk melakukan refresh
PivotTable hanya satu Anda bisa Klik kanan di mana saja di PivotTable rentang,
lalu pilih Refresh. Jika Anda memiliki beberapa PivotTable, pertama pilih
setiap sel di PivotTable apa pun, lalu pada pita masuk ke Alat PivotTable >
analisis > Data > Klik panah di bawah tombol Refresh dan pilih Refresh
semua.
Jika
Anda membuat PivotTable dan memutuskan tidak menginginkannya, Anda hanya bisa
pilih seluruh rentang PivotTable, lalu tekan Hapus. Ini tidak memiliki
mempengaruhi apa pun di bagan sekelilingnya atau PivotTable, atau data lainnya.
Jika PivotTable berada pada lembar terpisah yang tidak mempunyai data lain yang
ingin Anda simpan, menghapus lembar itu adalah cara tercepat untuk menghapus
PivotTable.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar