Kamis, 08 Juni 2017

" TATA CARA MEMBUAT VIPOT TABLE "

VIPOT TABLE 




TABLE, PIVOT
Disusun untuk Memenuhi Tugas Makalah
Mata Kuliah Aplikasi Komputer
Dosen Pengampu : AGUS SUSANTI, M.Pd.I
Disusun Oleh Kelompok  1
Jurusan/kelas/semester:PAI/J/2
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM


FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
TAHUN 2017




PivotTable



Buat PivotTable untuk menganalisis data lembar kerja
Kemampuan untuk menganalisis data dengan cepat bisa membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Namun terkadang sulit untuk mengetahui tempat untuk memulai, terutama saat Anda memiliki banyak data. PivotTable adalah cara terbaik untuk meringkas, menganalisis, menjelajahi, dan sajikan data Anda, dan Anda bisa membuatnya dengan beberapa klik. PivotTable sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan cepat bergantung pada bagaimana Anda perlu menampilkan hasil Anda. Anda juga bisa membuat PivotChart berdasarkan PivotTable yang akan secara otomatis diperbarui saat melakukan PivotTable Anda.
Misalnya, berikut ini adalah daftar sederhana dari pengeluaran rumah tangga, dan PivotTable berdasarkan daftar ini:
Data pengeluaran rumah tangga                     PivotTable terkait


Sebelum Anda memulai
·         Data Anda harus ditata dalam tabular format, dan tidak memiliki setiap baris atau kolom kosong. Idealnya, Anda bisa menggunakan tabel Excel seperti dalam contoh di atas.
·         Tabel adalah sumber data PivotTable, karena baris ditambahkan ke tabel secara otomatis disertakan dalam PivotTable ketika Anda me-refresh data, dan kolom baru yang akan disertakan dalam daftar Bidang PivotTable . Jika tidak, Anda perlu memperbarui secara manual rentang sumber datasalah satu, atau menggunakan rumus dinamis rentang bernama.
·         Tipe data dalam kolom harus sama. Misalnya, Anda tidak boleh mencampur tanggal dan teks di kolom yang sama.
·         PivotTable berfungsi pada jepretan layar data, yang disebut dengan cache, sehingga data aktual Anda tidak diubah dengan cara apa pun.
Membuat Pivot Table
Jika memiliki pengalaman terbatas dengan PivotTable, atau tidak yakin bagaimana memulainya, PivotTable yang Direkomendasikan adalah pilihan yang baik. Saat menggunakan fitur ini, Excel menentukan tata letak yang berguna dengan mencocokkan data dengan area yang paling cocok dalam PivotTable. Hal ini membantu memberi Anda titik awal untuk eksperimen tambahan. Setelah PivotTable yang direkomendasikan dibuat, Anda dapat menjelajahi orientasi berbeda dan menyusun ulang bidang untuk mendapatkan hasil tertentu. Fitur PivotTable yang Direkomendasikan ditambahkan di Excel 2013, jadi jika Anda memiliki versi terdahulu, ikuti instruksi di bawah ini untuk cara membuat PivotTable secara manual sebagai gantinya.
PivotTable yang Direkomendasikan
Membuat PivotTable secara manual
1.Klik sel dalam sumber data atau rentang table
1.Klik sel dalam sumber data atau rentang tabel
2.Masuk ke Sisipkan > Tabel > PivotTable yang Direkomendasikan

rumah tangga.
Masuk ke Sisipkan > Tabel > PivotTable

2.Jika Anda menggunakan Excel untuk Mac 2011 dan yang lebih lama, adalah tombol PivotTable pada tab Data di grup analisis

3.Excel akan menampilkan dialog Buat PivotTable dengan nama rentang Anda atau tabel yang dipilih. Dalam hal ini, kami menggunakan tabel yang disebut "tbl_HouseholdExpenses"

3.Excel menganalisis data Anda dan memberikan beberapa opsi, seperti dalam contoh ini yang menggunakan data pengeluaran rumah tangga
4.Pilih PivotTable yang terlihat paling sesuai untuk Anda lalu tekan OK. Excel akan membuat PivotTable di lembar baru, dan menampilkan Daftar Bidang PivotTable
4.Dalam bagian Pilih tempat yang ingin Anda gunakan untuk meletakkan laporan PivotTable, pilih Lembar Kerja Baru, atau Lembar Kerja yang Sudah Ada. Untuk Lembar Kerja yang Sudah Ada, Anda harus memilih baik lembar kerja maupun sel yang ingin digunakan untuk meletakkan PivotTable
5.Jika ingin menyertakan beberapa tabel atau sumber data di PivotTable Anda, klik kotak centang Tambahkan data ini ke Model Data
6.Klik OK, lalu Exel akan membuat Pivot Table kosong dan  menampilkan daftar Bidang Pivot Table
Bekerja dengan daftar Bidang PivotTable
Di area Nama bidang di bagian atas, pilih kotak centang untuk setiap bidang yang ingin Anda tambahkan ke PivotTable Anda. Secara default, bidang nonnumerik ditambahkan ke area baris , bidang tanggal dan waktu ditambahkan ke area kolom dan bidang numerik ditambahkan ke area nilai . Anda bisa juga secara manual seret dan letakkan tersedia item ke dalam setiap bidang PivotTable, atau jika Anda tidak lagi ingin sebuah item dalam PivotTable Anda, cukup seret keluar dari daftar bidang atau Hapus centang tersebut. Kemampuan untuk menyusun ulang bidang item adalah salah satu dari fitur PivotTable yang membuatnya sangat mudah untuk dengan cepat mengubah tampilannya.
Daftar Bidang PivotTable                                               Bidang terkait di PivotTable

 
Nilai PivotTable
·         Meringkas Nilai Berdasarkan
Secara default, bidang PivotTable yang diletakkan di area Nilai akan ditampilkan sebagai JUMLAH. Jika Excel menerjemahkan data Anda sebagai teks, data tersebut akan ditampilkan sebagai HITUNGAN. Inilah sebabnya sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tidak mencampur tipe data untuk nilai bidang. Anda dapat mengubah perhitungan default dengan terlebih dahulu mengklik panah di sebelah kanan nama bidang, lalu memilih opsi Pengaturan Bidang Nilai.
·         Berikutnya, ubah perhitungan dalam bagian Rangkum Nilai Berdasarkan. Perhatikan bahwa saat Anda mengubah metode penghitungan, Excel akan secara otomatis menambahkannya di bagian Nama Kustom, seperti "Sum of FieldName", tetapi Anda dapat mengubahnya. Jika mengklik tombol Format Angka, Anda dapat mengubah format angka untuk seluruh bidang.

TIPS: Karena mengubah perhitungan dalam bagian Rangkum Nilai Berdasarkan akan mengubah nama bidang PivotTable, lebih baik untuk tidak mengganti nama bidang PivotTable sampai Anda selesai menyiapkan PivotTable. Salah satu triknya adalah menggunakan Temukan & Ganti (Ctrl + H) >Temukan apa > "Jumlah dari", lalu Ganti dengan > biarkan kosong untuk mengganti semuanya sekaligus, dan bukan mengetik ulang secara manual.
·         Perlihatkan Nilai Sebagai
Alih-alih menggunakan penghitungan untuk meringkas data, Anda juga bisa menampilkannya sebagai persentase dari bidang. Dalam contoh berikut ini, kami diubah untuk menampilkan sebagai % dari Total keseluruhan dan bukan jumlah nilai jumlah pengeluaran rumah tangga.


Setelah membuka dialog Pengaturan Bidang Nilai, Anda dapat membuat pilihan dari tab Perlihatkan Nilai Sebagai.


·         Tampilkan nilai sebagai perhitungan dan persentase.
Cukup seret item ke dalam bagian Nilai dua kali, lalu atur masing-masing opsi Rangkum Nilai Berdasarkan dan Perlihatkan Nilai Sebagai.
Merefresh PivotTable
Jika Anda menambahkan data baru ke sumber data PivotTable Anda, PivotTable yang dibangun di sumber data tersebut harus refresh. Untuk melakukan refresh PivotTable hanya satu Anda bisa Klik kanan di mana saja di PivotTable rentang, lalu pilih Refresh. Jika Anda memiliki beberapa PivotTable, pertama pilih setiap sel di PivotTable apa pun, lalu pada pita masuk ke Alat PivotTable > analisis > Data > Klik panah di bawah tombol Refresh dan pilih Refresh semua.

Menghapus PivotTable
Jika Anda membuat PivotTable dan memutuskan tidak menginginkannya, Anda hanya bisa pilih seluruh rentang PivotTable, lalu tekan Hapus. Ini tidak memiliki mempengaruhi apa pun di bagan sekelilingnya atau PivotTable, atau data lainnya. Jika PivotTable berada pada lembar terpisah yang tidak mempunyai data lain yang ingin Anda simpan, menghapus lembar itu adalah cara tercepat untuk menghapus PivotTable.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar