Rabu, 07 Juni 2017

" TATA CARA MEMBUAT KOP SURAT DAN KOLOM KORAN "

KOP SURAT DAN KOLOM KORAN

 

KOP SURAT DAN KOLOM KORAN
Disusun untuk Memenuhi Tugas Makalah
Mata Kuliah Aplikasi Komputer
Dosen Pengampu : AGUS SUSANTI, M.Pd.I
Disusun Oleh Kelompok  1
Bayu Irfandi               :                  1611010459
Suhaliyah                    :                  1611010491
Jurusan/kelas/semester:PAI/J/2


 

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
TAHUN 2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami haturkan atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan limpahan kesehatan jasmani dan rohani serta rahmat dan karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah dari mata kuliah Aplikasi Komputer dengan judul “KOP SURAT DAN KOLOM KORAN”, insyaallah telah diselesaikan dengan baik.
Kemudian shalawat beserta salam semoga selalu terlimpah curahkan kepada baginda tercinta Nabi Muhammad SAW yang mudah-mudahan kita selaku umatNya mendapat syafa’atul ‘uzma-Nya dihari kiamat kelak. Atas tersusunnya makalah ini, kami ucapkan terima kasih kepada selaku dosen kami AGUS SUSANTI, M.Pd.I
 Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih terlalu banyak kekurangan. Oleh  karena itu, kami harap kritik dan saran yang membangun agar sekiranya penyusunan makalah ini kurang baik akan bisa menjadi lebih baik lagi. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi yang membaca, memahami dan mengamalkannya.
                                              
      B. Lampung, 20 -03 - 2017
                                                                         Penyusun


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang..............................................................................
1.2Rumusan Masalah.........................................................................
1.3Tujuan Pembahasan.......................................................................
BAB II PEMBAHASAN                                           
2.1  Pengetian Surat...........................................................................
2.2   Kop Surat....................................................................................
2.3   Langkah-langkah membuat Kop Surat di Microsoft Word........
2.4   Kolom Koran...............................................................................
2.5   Cara Membuat Kolom Koran......................................................
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan..................................................................................
3.2. Saran............................................................................................
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Pada saat kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah. Terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusian menjadi lebih mudah untuk di penuhi.
Secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi Microsoft Word, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan yang utama membantu manusia.
1.2    Rumusan Masalah
1.      Bagaimana cara membuat kop surat pada Microsoft Word?
2.      Bagaimana cara membuat kolom Koran pada Microsoft Word?
1.3    Tujuan
1.      Memahami cara membuat kop surat pada Microsoft Word
3.      Memahani cata membuat kolom Koran pada Microsoft Word


 

 

 



 
Kop surat berfungsi untuk mewakili identitas sebuah lembaga atau perusahaan dalam kaitannya dengan komunikasi melalui surat atau dokumen tertentu. Itu sebabnya pembuatan kop surat haruslah memenuhi elemen-elemen identitas lembaganya seperti nama lembaga, alamat dan nomor kontak baik telepon, email atau website.
Cara paling mudah membuat kop surat adalah melalui Microsoft Word, tutorial ini akan menuntun Anda yang belum pernah membuat kop surat. Saya menggunakan, tetapi masih cukup relevan dipraktekkan di Microsoft Word 2005, 2006 dan 2010.
  • Buat dokumen baru kemudian simpan dengan nama yang sesuai. Kemudian klik dua kali di posisi teratas dokumen untuk mengaktifkan fungsi Header. Di bagian ribbon Design beri tanda centang pada opsi Different First Page. Tujuannya agar kop hanya muncul di halaman pertama.

  • Buatlah nama perusahaan Anda, alamat dan sebagainya termasuk sebuah logo. Untuk memudahkan memposisikan logo, klik kanan pada logo kemudian klik Text Wrapping – In Front of Text.

  • Setelah urusan teks dan logo selesai, sekarang kita ingin membuat garis di bagian bawah kop sebagai pembatas. Caranya, di paragrap terakhir kop, enter satu kali agar ada satu baris kosong. Nah Anda blok baris kosong tersebut – hanya di baris tersebut – perhatikan gambar di bawah ini.

  • Kemudian klik menu border, tanda jarum yang di sebelah kanan Anda ya, bukan kotak garisnya.

  • Di jendela borders and shading, tentukan lebar garis sesuai kebutuhan kemudian klik posisi garis dan terakhir klik OK.
  • Nah, seperti ini jadinya.
  • Membuat garis bisa juga menggunakan fungsi Shape, caranya klik menu Insert – Shapesdan pilih jenis line atau garis.



  • Lalu klik dan tarik di posisi yang tepat, cara ini agak sulit dan butuh kehati-hatian. Bentuk awalnya masih seperti ini. Sesuaikan lagi dengan melanjutkan ke langkah berikutnya.

  • Dengan kursor aktif berada di garis tadi, Anda pastilah berada di menu Format. Di bawah menu tersebut ada menu Shape Outline, klik dan di sana akan ada pilihan warna, kemudian ada pilihan Weight yang dapat Anda pergunakan untuk mengubah ketebalan garis.
  • Di sisi paling kanan Anda terdapat kotak yang nilainya bisa Anda ubah untuk menyesuaikan posisi garis. Silahkan dicoba-coba untuk mengetahui masing-masing fungsi.

  • Dan ini adalah hasil akhir kop surat yang baru saja kita buat.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Surat
            Surat adalah alat komunikasi yang mempergunakan bahasa tulisan di atas lembaran kertas yang sangat erat hubungan nya dengan kehidupan manusia. Sejak zaman dahulu hingga zaman serba modern ini, manusia tidak dapat melepaskan dirinya dari kepentingan manusia lainnya baik yang berada di sekitarnya maupun di tempat yang berkejauhan.
            Zaman dahulu bentuk surat sangatlah sederhana. Penulisan, bahan atau cara mengirimkannya pun juga sangat sederhana. Dan kini zaman sudah maju dengan pesat. Sedikit demi sedikit cara lama mulai di tinggalkan. Keberadaan surat itu sendiri kini di hubungkan dengan adanya alat canggih yang bernama Komputer. Akan tetapi, walaupun kemajuan surat menyurat telah banyak di capai dewasa ini maka cirri khas surat sebagai alat komunikasi di banding dengan alat komunikasi lainnya tetap ada, Yakni, surat tetap merupakan alat komunikasi yang mempergunakan bahasa tulisan dan kertas sebagai medianya.
            Di era modern ini penulisan surat sebagian besar beralih menggunakan computer karena di anggap penggunaannya lebih praktis, cepat , dan memiliki kelebihan dalam menyimpan arsip secara otomatis. Barangkali hanya sebagian kecil saja orang yang masih menggunakan mesin ketik biasa dan tulisan tangan, bergantung dari kebutuhan dan tujuan dari surat itu sendiru


2.2.  Kop Surat
Kop surat merupakan hal penting dalam sebuah surat terlebih surat dinas. Kali ini kita akan membuat kop surat menggunakan pada Ms. Word 2007 dengan teknik tabel. Kop surat dengan tabel ini merupakan teknik yang bagus menurut kami. Kelebihanya kop tabel ini adalah lebih fleksibel, pada garis pemisah bisa dengan pilihan garis beraga, dan lebih rapi.
Kop surat berfungsi untuk mewakili identitas sebuah lembaga atau perusahaan dalam kaitannya dengan komunikasi melalui surat atau dokumen tertentu. Itu sebabnya pembuatan kop surat haruslah memenuhi elemen-elemen identitas lembaganya seperti nama lembaga, alamat dan nomor kontak baik telepon, email atau website.
Cara paling mudah membuat kop surat adalah melalui Microsoft Word, tutorial ini akan menuntun Anda yang belum pernah membuat kop surat. Kami menggunakan Microsoft Word 2007, tetapi masih cukup relevan dipraktekkan di Microsoft Word 2005, 2006 dan 2010.
2.3  Langkah-langkah membuat Kop Surat di Microsoft Word
1.      Buka Microsoft Word
2.      Lakukan Double click (klik ganda) pada area header yang terdapat pada bagian atas dari dokumen yang sedang tampil sehingga anda sekarang berada dalam pengeditan Header Document.
3.      Jika belum, berikan tanda check pada opsi Different First Page. Hal ini untuk membuat kop surat hanya aka nada di halaman pertama, sedangkan halaman kedua dan seterusnya tidak menggunakan kop surat.
4.      Setelah itu, geser Margin kiri anda rada ke tengah. Perkiraan lebarnya kira-kira cukup untuk logo yang akan anda tambahkan belakangan.
Untuk lebih jelas mati kita lihat gambar berikut :
kop-surat-header.jpg
5.      Di bagian ini, ketikan identitas lembaganya seperti nama lembaga, alamat dan nomor kontak baik telepon, email atau website, Tambahkan pula baris kosong pada baris terakhir.
6.      Tambahkan juga gambar logo instansi anda. Jangan lupa untuk membuat format logo tersebut menjadi “In Front of Text”.
7.      Atur posisi logo dan teks instansi.
8.      Pilih dan blok baris kosong yang ada pada garis terakhir untuk dibuat garis pembatas kop surat.
kop-surat-header-isi copy.jpg
9.      Untuk membuat garis pembatas kop surat, pilih Tab Menu Home, lalu pilih tombol toolbar border
10.  Dari pilihan popup menu untuk membuat border yang ada, pilih item “Border And Shading” yang ada pada paling bawah.
kop-surat-toolbar-border copy.jpg
11.  Pada Dialog Border and Shading tersebut pada Setting pilih Custome, kemudian pilih bentuk garis tebal dan tipis, lalu tambahkan pada bagian atas paragraph. Bila anda ingin garis pembatas kop surat berwarna selain hitam, misalkan atau biru, silahkan anda ganti saja warna nya.
12.  Bila pilihan sudah benar lalu klik tombol OK.
kop-surat-dialog-border copy.jpg
13.  Kop surat anda hamper siap. Jika border belum rata kiri, anda tinggal menarik margin kiri pada baris terakhir kea rah kiri.
kop-surat-border-tutup copy.jpg
14.  Setelah margin kiri sudah di geser kea rah kiri, Kop surat sudah siap untuk digunakan. Klik dua kali pada area dokumen untuk menutup Header View, atau anda dapat langsung klik tab menu Header and Footer tools, lalu Design lalu pilih Close Header and Footer.
15.  Dokumen anda sudah memiliki Kop surat sudah siap digunakan. Jangan khawatir dengan tampilan abu-abu, hal tersebut menunjukkan bahwa kop surat kita berada di area header dokumen.
2.4  Kolom Koran
            Kolom Koran adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyatakan tampilan pada sebuah naskah/halaman yang diketik yang terdiri kolom-kolom menyerupai halaman pada sebuah Koran. Kolom Koran terdiri dari kolom-kolom dan pembacaannya pun mulai dari kiri kemudian kolom sebelahnya, dank e sebelahnya lagi…begitulah seterusnya.
Kenapa kolom Koran digunakan pada sebuah naskah, diantaranya:
1.      Menberi ruang yang lebih banyak di banding dengan menggunakan tampilan normal, dengan memanfaatkan ruang antar kolom memungkinkan naskah yang diketik lebih banyak
2.      Memberi variasi tampilab yang berbeda disbanding tampilan normal, dengan memanfaatkan ruang antar kolom maka naskah akan terlihat berbeda. Untuk catatan, tampilan variasi ini jarang digunakan pada naskah-naskah yang bersifat formal.
3.      Memberi Efek atau penekanan terhadap suatu naskah, dengan menampilkan naskah ke dalam kolom Koran yang berbeda dari naskah yang lainnya, maka perhatian orang yang melihatnya akan lebih tertuju kepada tampilan Koran .
2.5. Cara Membuat Kolom Koran
1.      Pilih orientasi kertas, pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Orientation. Pilih Portrait atau Landscape.
1.png
2.      Pilih kumpulan teks seperti contoh berikut.
2.png
3.      Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.
4.      Pilih Two untuk membuat dua kolom.
3.png
5.      Pada contoh ini terdiri dari dua bagian:
Judul (Lorem Ipsum) = satu kolom.
Isi = dua kolom.
Untuk gabungan ini, Microsoft Word akan otomatis membuat Section Break (Continuous).
6.      Pada kolom, teks akan mengalir sampai batas bawah halaman kemudian baru berpindah ke kolom selanjutnya.
4.png
7.      Jika Anda tidak menginginkan teks sampai batas bawah halaman maka dapat menggunakan Column Break.
11.png
Caranya:
    1. Letakkan kursor di depan teks yang akan dipindahkan.
    2. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Breaks.
    3. Pada bagian Page Breaks, pilih Column.
    4. Microsoft Word akan memindahkan teks ke kolom berikutnya.
Membuat Drop Cap
Drop Cap merupakan sebuah fasilitas yang disediakan oleh word 2007 untuk membuat tulisan /huruf lebih besar ukurannya dari huruf lainnya.Umumnya drop cap kita temukan pada sebuah novel atau majalah yang menonjolkan huruf pertama pada setiap topik, untuk menaik perhatian pembaca.
Untuk membuat drop cap pada microsoft word 2007, lakukan prosedur berikut:
1.       Blok huruf pertama pada kalimat seperti gambar dibawah ini;
Pada menu bar pilih Insert - Drop Cap - Drop Cap options...
6.png
2.      Atur Drop Cap
Pada position pilih salah satu bentuk yang ada, misalnya Dropped terus pilih Line to Drop dan pilih 4 (tergantung kebutuhan) setelah itu tekan OK
7.png
3.      Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini;
8.png


BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Kop surat berfungsi untuk mewakili identitas sebuah lembaga atau perusahaan dalam kaitannya dengan komunikasi melalui surat atau dokumen tertentu. Itu sebabnya pembuatan kop surat haruslah memenuhi elemen-elemen identitas lembaganya seperti nama lembaga, alamat dan nomor kontak baik telepon, email atau website.
Kolom Koran adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyatakan tampilan pada sebuah naskah/halaman yang diketik yang terdiri kolom-kolom menyerupai halaman pada sebuah Koran.
            Adapun cara membuatnya kita bisa lihat pada maklah ini.
3.2. Saran
Kami menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, maka dari itu penulis mengharapkan saran dari semua pihak demi perbaikan malalah ini di masa yang akan dating.
Mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi penulis dan pembaca makalah ini.
Amin yaarobbal ‘alamin.


DAFTAR PUSTAKA
Ahmad kusnandar,alamsyah.mk.1999.pelajaran computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar