RUMUS DAN FUNGSI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dengan pesatnya
kemajuan teknologi saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah.
Jadi secara langsung atau tidak langsung
manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam
kegiatannya. Seperti program aplikasi Microsoft Office, program ini sangat
membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan lainnya.
Salah satu bagian dari Microsoft Office
adalah Microsoft Excel. Program aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita
untuk melakukan perhitungan serta mengolah data berupa angka yang ada dalam
table. Dalam Microsoft Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang
masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri dapat membantu menyelesaikan
pekerjaan atau tugas dengan cepat.
B. Rumusan Masalah
1. Untuk mengetahui
pengertian rumus ?
2. Untuk mengetahui
pengertian fungsi ?
3. Untuk mengetahui
rumus dan fungsi yang ada di dalam Microsoft Office Excel ?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Rumus Dan Fungsi
1. Pengertian Rumus
Menurut KBBI, Rumus adalah ringkasan
(hukum, patokan, dan sebagainya dalam ilmu kimia, matematika, dan sebagainya)
yang dilambangkan oleh huruf, angka, atau tanda. (sumber KBBI .IV) [1]
2. Pengertian Fungsi
Fungsi adalah
sekumpulan perintah operasi program yang dapat menerima argument input dan
dapat memberikan hasil output yang berupa nilai ataupun sebuah hasil operasi.[2]
B. Rumus
Dan Fungsi Microsoft Excel
1. Fungsi Microsoft Excel
Microsoft Excel ini memiliki banyak fungsi dan
kegunaan diantaranya yaitu :
a.
Untuk membuat laporan keuangan akuntansi.
b.
Untuk keperluan administrasi sebuah instansi.
c.
Untuk mengurutkan beragam data baik pengolah
angka maupun kata.
d.
Untuk melakukan perhitungan otomatis dengan
menggunakan rumus dan logika.
2. Operator matematika yang sering digunakan (Rumus Dasar)
MS Excel terdapat Operator dasar Matematika
dan ini biasanya disebut sebagai rumus standar. Operator matematika yang akan sering
digunakan dalam Rumus Microsoft Excel adalah
sebagai berikut:
No
|
Operator
|
Fungsi
|
Contoh Penggunaan
|
1
|
+ (ikon plus)
|
Penjumlahan
|
=A1+A2
|
2
|
- (ikon minus)
|
Pengurangan
|
=A3-A4
|
3
|
* (ikon bintang)
|
Perkalian
|
=A5*A6
|
4
|
/ (ikon garis miring)
|
Pembagian
|
=A7/A8
|
5
|
^ (ikon caret)
|
Pangkat
|
=A9^2 (angka berapapun yang berada di cell
A9 akan dipangkat 2
|
6
|
% (ikon persen)
|
Prosentase
|
=A1*10% (gunakan sesuai dengan kebutuhan)
|
3. SUM
SUM merupakan fungsi untuk menghitung
total dari sejumlah cell yang dipilih (harus angka). Cara menggunakan
SUM adalah dengan ketik =SUM(cell pertama:cell terakhir).
Contoh:
=SUM(B3:B7)
arti dari rumus tersebut adalah kita menjumlahkan dari kolom/cell B3
hingga kolom/cell B7, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil
total jumlah dari kolom/cell B3 hingga kolom/cell B7
4. AVERAGE
AVERAGE
merupakan fungsi untuk menentukan nilai rata-rata dari sejumlah cell yang
dipilih (harus angka). Cara menggunakan AVERAGE adalah dengan mengetik =AVERAGE(cell
pertama:cell terakhir).
Contoh:
=AVERAGE(B3:B7)
Arti dari rumus
tersebut adalah kita menghitung rata-rata dari kolom/cell B3 hingga kolom/cell
B7, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil rata-rata dari
kolom/cell B3 hingga kolom/cell B7
5. MAX
Rumus MAX digunakan untuk menentukan nilai tertinggi dari kolom yang
diblok, misalnya untuk menentukan nilai tertinggi dari keseluruhan siswa atau
menentukan produk mana yang harganya paling mahal dari semua produk. Penggunaan
rumus untuk MAX ini bisa dilakukan dengan cara =MAX(number1:number2) arti dari
rumus tersebut yaitu kita menentukan nilai tertinggi dari number1 (kolom/cell
awal) hingga number2 (kolom/cell akhir)
contoh :
=MAX(C2:C8)
Arti dari rumus tersebut adalah kita menentukan nilai tertinggi dari
kolom/cell C2 hingga kolom/cell C8, selanjutnya setelah kita tekan enter maka
akan tampil nilai tertinggi dari kolom/cell C2 hingga kolom/cell C8
6. MIN
Rumus MIN digunakan untuk menentukan nilai terendah dari kolom yang
diblok, seperti menentukan nilai terendah dari keseluruhan siswa, menentukan
produk termurah dari semua produk, dan lain-lain. Penggunaan rumus untuk MIN
ini bisa dilakukan dengan cara =MIN(number1:number2) arti dari rumus tersebut
yaitu kita menentukan nilai terendah dari number1 (kolom/cell awal) hingga
number2 (kolom/cell akhir)
contoh :
=MIN(A6:C8)
Arti dari rumus tersebut adalah kita menentukan nilai terendah dari
kolom/cell C2 hingga kolom/cell C8, selanjutnya setelah kita tekan enter maka
akan tampil nilai terendah dari kolom/cell C2 hingga kolom/cell C8
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Microsoft Excel atau Microsoft
Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang
dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk system operasi
Microsoft windows dan Mac OS. Aplikasi ini dilengkapi dengan rumus dan fungsi
yang dapat digunakan untuk kebutuhan kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik. Rumus
dan fungsi yang digunakan SUM, AVERAGE, MAX, MIN.
Setiap rumus didalam MS.EXCEL
memiliki fungsi tersendiri. Oleh karena itu harus benar-benar memahami
masing-masing fungsi dasarnya agar penggunaan rumus bisa lebih maksimal dan
efisien.
B. Saran
Makalah ini masih jauh dari
kesempurnaan, karena itu kami menerima kritikan, masukan, dan saran seputar
materi yang disajikan dalam makalah ini. Dan akan kami jadikan pengayaan untuk
pembuatan makaah selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Pengertian fungsi, definisimu.blogspot.com/2012/08/definisi-html?m=1. [Pengutipan (minggu/19 maret
2017/pukul 17.32 wib) ]
Pengertian Rumus, kbbi.web.id/rumus. [ Pengutipan, (minggu/19 maret 2017/pukul
17.43 wib) ]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar