Sabtu, 10 Juni 2017

" TATA CARA MENGGUNKAN RUMUS DAN FUNGSI PADA MICROSOFT EXCEL "

RUMUS DAN FUNGSI


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
      Dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah. Jadi secara langsung atau tidak langsung  manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam kegiatannya. Seperti program aplikasi Microsoft Office, program ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan lainnya.
      Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Excel. Program aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah data berupa angka yang ada dalam table. Dalam Microsoft Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri dapat membantu menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
B.     Rumusan Masalah
1.    Untuk mengetahui pengertian rumus ?
2.    Untuk mengetahui pengertian fungsi ?
3.    Untuk mengetahui rumus dan fungsi yang ada di dalam Microsoft Office Excel ?
BAB II
PEMBAHASAN
A.        Pengertian Rumus Dan Fungsi
1. Pengertian Rumus
            Menurut KBBI, Rumus adalah ringkasan (hukum, patokan, dan sebagainya dalam ilmu kimia, matematika, dan sebagainya) yang dilambangkan oleh huruf, angka, atau tanda. (sumber KBBI .IV)   [1]
2. Pengertian Fungsi
            Fungsi adalah sekumpulan perintah operasi program yang dapat menerima argument input dan dapat memberikan hasil output yang berupa nilai ataupun sebuah hasil operasi.[2]
B.        Rumus Dan Fungsi Microsoft Excel
1. Fungsi Microsoft Excel
Microsoft Excel ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan diantaranya yaitu :
a.         Untuk membuat laporan keuangan akuntansi.
b.        Untuk keperluan administrasi sebuah instansi.
c.         Untuk mengurutkan beragam data baik pengolah angka maupun kata.
d.        Untuk melakukan perhitungan otomatis dengan menggunakan rumus dan logika.

2. Operator matematika yang sering digunakan (Rumus Dasar)

 

MS Excel terdapat Operator dasar Matematika dan ini biasanya disebut sebagai rumus standar. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam Rumus Microsoft Excel adalah sebagai berikut:




No
Operator
Fungsi
Contoh Penggunaan
1
+ (ikon plus)
Penjumlahan
=A1+A2
2
- (ikon minus)
Pengurangan
=A3-A4
3
* (ikon bintang)
Perkalian
=A5*A6
4
/ (ikon garis miring)
Pembagian
=A7/A8
5
^ (ikon caret)
Pangkat
=A9^2 (angka berapapun yang berada di cell A9 akan dipangkat 2
6
% (ikon persen)
Prosentase
=A1*10% (gunakan sesuai dengan kebutuhan)


3. SUM
      SUM merupakan fungsi untuk menghitung total dari sejumlah cell yang dipilih (harus angka). Cara menggunakan SUM adalah dengan ketik =SUM(cell pertama:cell terakhir).
            Contoh: =SUM(B3:B7)
arti dari rumus tersebut adalah kita menjumlahkan dari kolom/cell B3 hingga kolom/cell B7, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil total jumlah dari kolom/cell B3 hingga kolom/cell B7
   
4. AVERAGE
                        AVERAGE merupakan fungsi untuk menentukan nilai rata-rata dari sejumlah cell yang dipilih (harus angka). Cara menggunakan AVERAGE adalah dengan mengetik =AVERAGE(cell pertama:cell terakhir).
            Contoh: =AVERAGE(B3:B7)
Arti dari rumus tersebut adalah kita menghitung rata-rata dari kolom/cell B3 hingga kolom/cell B7, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil rata-rata dari kolom/cell B3 hingga kolom/cell B7

5. MAX
Rumus MAX digunakan untuk menentukan nilai tertinggi dari kolom yang diblok, misalnya untuk menentukan nilai tertinggi dari keseluruhan siswa atau menentukan produk mana yang harganya paling mahal dari semua produk. Penggunaan rumus untuk MAX ini bisa dilakukan dengan cara =MAX(number1:number2) arti dari rumus tersebut yaitu kita menentukan nilai tertinggi dari number1 (kolom/cell awal) hingga number2 (kolom/cell akhir)
contoh : =MAX(C2:C8)
Arti dari rumus tersebut adalah kita menentukan nilai tertinggi dari kolom/cell C2 hingga kolom/cell C8, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil nilai tertinggi dari kolom/cell C2 hingga kolom/cell C8

6. MIN
Rumus MIN digunakan untuk menentukan nilai terendah dari kolom yang diblok, seperti menentukan nilai terendah dari keseluruhan siswa, menentukan produk termurah dari semua produk, dan lain-lain. Penggunaan rumus untuk MIN ini bisa dilakukan dengan cara =MIN(number1:number2) arti dari rumus tersebut yaitu kita menentukan nilai terendah dari number1 (kolom/cell awal) hingga number2 (kolom/cell akhir)
contoh : =MIN(A6:C8)
Arti dari rumus tersebut adalah kita menentukan nilai terendah dari kolom/cell C2 hingga kolom/cell C8, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil nilai terendah dari kolom/cell C2 hingga kolom/cell C8


BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
            Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk system operasi Microsoft windows dan Mac OS. Aplikasi ini dilengkapi dengan rumus dan fungsi yang dapat digunakan untuk kebutuhan kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik. Rumus dan fungsi yang digunakan SUM, AVERAGE, MAX, MIN.
            Setiap rumus didalam MS.EXCEL memiliki fungsi tersendiri. Oleh karena itu harus benar-benar memahami masing-masing fungsi dasarnya agar penggunaan rumus bisa lebih maksimal dan efisien.
B.       Saran
            Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, karena itu kami menerima kritikan, masukan, dan saran seputar materi yang disajikan dalam makalah ini. Dan akan kami jadikan pengayaan untuk pembuatan makaah selanjutnya.

DAFTAR PUSTAKA
Pengertian fungsi, definisimu.blogspot.com/2012/08/definisi-html?m=1.  [Pengutipan (minggu/19 maret 2017/pukul 17.32 wib) ]
Pengertian Rumus,  kbbi.web.id/rumus.     [ Pengutipan, (minggu/19 maret 2017/pukul 17.43 wib) ]






[1] Kbbi.web.id/ rumus
[2] definisimu.blogspot.com/2012/08/definisi-html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar