Sabtu, 10 Juni 2017

" TATA CARA MEMBUAT TABLE DAN EQUATION

CARA MEMBUAT TABLE dan EQUETION

Tabel atau Table dalam bahasa Inggris digunakan untuk memudahkan seseorang dalam membuat daftar atau list tertentu, serta memudahkan pula pembaca dalam membaca datanya. Nah, dalam cara membuat tabel di MS Word 2007, 2010 dan seterusnya ini anda tidak hanya belajar bagaimana cara bikinnya tapi juga cara mengelola dan mengatasi berbagai masalah yang mungkin timbul saat pengaturannya. Buat yang pemula kadang sangat kesulitan jika ada saja yang tidak sesuai dengan hasil latihannya, makanya di bawah Caraspot juga menyediakan kolom komentar agar bisa berkonsultasi dengan bebas.
Banyak sekali manfaat dari tabel dalam Microsoft Office ini, misalnya saja sebuah perusahaan punya banyak karyawan dengan gaji yang masing-masing berbeda, maka agar mudah dibaca datanya tidak dibuat dalam bentuk kalimat apalagi paragraf karena akan sulit mencari data tertentu di dalamnya. Akan tetapi, dengan dibuat dalam bentuk tabel, misal kolom pertama berisi nomor, kedua nama karyawan, ketiga besaran gaji bulanan, ketiga jabatan dan sebagainya, maka orang yang membaca tabel tersebut akan dengan mudah memahaminya.
Belajar Cara Membuat Tabel di MS Word
Sebenarnya hanya ada 3 langkah untuk menyelesaikan pekerjaan mudah seperti ini, dan yang susah sebenarnya hanya mengisi datanya saja, apalagi jika harus membuatnya berlembar-lembar. Tentu akan butuh waktu semalaman untuk menyelesaikannya. Berikut prosesnya:
1. Klik Insert di bagian menu Bar (menu deretan kedua)
2. Klik icon “Table” di deretan ke empat.

3. (perhatikan gambar di atas) Lewatkan kursor di bagian atas kolom-kolom kecil yang muncul (tapi jangan diklik). Tarik ke samping untuk menambah kolom atau tarik ke bawah untuk menambah baris, tapi jangan di klik dulu. Setelah jumlah kolom dan barisnya sudah sesuai dengan yang diinginkan, maka barulah diklik. Sampai disini anda sudah berhasil membuatnya, tinggal lanjut ke pengaturannya di bawah.

Mengatur Lebar Tabel dan Bagian Lainnya
Lebar tabel maksudnya di sini adalah kolom dan barisnya. Jika kita mau melakukannnya secara manual dan hanya pada beberapa saja maka cara ini dilakukan, kecuali jika ingin melakukan pengaturan massal maka lain lagi caranya.

1. Pertama, bawa atau angkat kursor tepat di atas garis hingga muncul tanda seperti tanda panah yang saling bertolak belakang, seperti gambar di bawah:

2. Setelah tanda di atas muncul barulah klik sekali dan tahan sambil digeser ke samping untuk kolomnya atau geser ke bawah jika barisnya yang mau dibuat lebih lebar atau lebih sempit, tapi penempatan kursornya awalnya harus di atas garis baris, bukan garis kolom.


Adapun cara lain mengatur lebar kolomnya adalah dengan cara :

1. Blok dulu kolom yang mau dirubah. Cara bloknya dengan mengarahkan kursor di atas kolom hingga muncul tanda panah hitam kecil, lalu klik hingga tampak biru bagian dalam kolomnya, seperti gambar di bawah :

2. Setelah tampak biru seperti di atas (atau kursor ada dalam kolom) , selanjutnya klik “Table Tools” lalu pilih menu “Layout” (dan berikutnya tinggal isi angka pada “Height” untuk tinggi barisnya dan “Width” untuk lebar kolomnya. (Ingat! Menu ini baru akan muncul kalau kamu blok tabelnya tau menempatkan kursornya dalam tabel. Letaknya di paling kanan dari deretan menu Home). Perhatikan gambanya :



CARA MEMBUAT EQUETION
Equation atau persamaan, merupakan pernyataan matematis yang sering dijumpai oleh seorang murid, guru, peneliti atau lainnya ketika mereka membahas perihal matematika. Penulisan sebuah equation atau persamaan pada sebuah dokumen secara manual adalah hal mudah. Anda cukup menuliskannya dengan bulpen di buku atau lainnya.
Namun lainnya halnya ketika anda menulis equation pada sebuah dokumen ms word. Anda tidak dapat Menulisnya secara manual seperti hal yang anda lakukan ketika anda menuliskannya menggunakan bullpen. Sebagian orang ada yang menggunakan fitur shape untuk menuliskan equation dan ada pula yang lebih memilihi menuliskannya dengan bullpen saja.
Sebenarnya untuk menulis seuah equation di ms word tidaklah sulit ketika anda sudah mengetahui langkah-langkahnya. Di bawah akan saya paparkan mengenai cara membuat equation di ms word. Baca benar-benar petunjuknya, amati screenshotnya dan praktekkan!
Cara mudah membuat equation di Microsoft word 2007

1. Buka Microsoft word
2. Klik “Insert”




3. Klik “Equation”
 4. Klik “Insert New Equation”


5. Silahkan anda klik model persamaan atau equation yang ingin anda gunakan. Selanjutnya anda bisa mengedit isi persamaan secara manual.


6. Bila anda ingin menambahkan symbol ke persamaan anda, silahkan anda klik symbol-symbol yang telah tersedia. Gunakan tanda panah di samping kotak symbol untuk emlihat jenis simbol lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar